Pages

Selasa, 05 Juli 2011

Buat Kamu Yang Langganan Berjerawat


Jerawat-di-PunggungYang namanya jerawat pasti selalu saja ada. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga mengalami kejengkelan karena munculnya jerawat ini. Dan tidak hanya menjengkelkan, terkadang jerawat ini pun menyakitkan.
Biasanya jerawat identik muncul di wajah, tapi jerawat juga bisa muncul di area tubuh yang lain lho. Contohnya saja di leher, dada, punggung, bahu, sampai bagian (maaf) pantat pun terkadang muncul.
Apa kira-kira yang menyebabkan munculnya jerawat?
Jerawat muncul karena adanya kelebihan sebum (subtansi berminyak yang melembapkan kulit) yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Kelebihan sebum ini kemudian bercampur dengan sel-sel kulit, yang menyumbat pori-pori dan mengundang bakteri, sehingga menghasilkan lesi meradang yang dikenal sebagai jerawat.
Apa yang memicu jerawat?
Selain stres, masalah hormon dan menstruasi, sejumlah faktor lain yang diduga sebagai penyebab munculnya jerawat di tubuh adalah kombinasi keringat dan pakaian ketat. Gesekan pakaian dapat menambah iritasi ke daerah-daerah yang sudah bermasalah lho. Itulah sebabnya, lelaki dan perempuan yang lebih aktif secara fisik lebih rentan terhadap masalah jerawat di tubuh.
Bagaimana mengatasi jerawat?
1. Cuci daerah rawan jerawat setiap hari menggunakan sabun antibakteri, atau lap dengan pembersih berbasis asam salisilat.
2. Olesi area bermasalah dengan krim benzoil peroksida 5-10 persen untuk mengeringkan jerawat. Kulit tubuh lebih tebal dibandingkan dengan kulit wajah sehingga lebih mampu mengatasinya. Kemudian, gunakan pelembap yang mengandung asam alfa hidroksi untuk mengelupas kulit dan memerangi kekeringan. Kamu juga dapat menggunakan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat tertentu.
3. Untuk area tubuh tak terlihat di mana jerawat bersembunyi, misalnya pantat, gunakan scrub lembut saat Anda mandi guna menyingkirkan sel-sel kulit mati. Tapi, jangan menggosok area sekitarnya karena dapat meningkatkan iritasi dan peradangan.
4. Jangan lupa mencuci daerah rawan jerawat segera setelah kamu berkeringat. Mandi sesegera mungkin sehabis berolahraga atau saat tubuh basah kuyup oleh keringat.Semoga menambah wawasan kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar